You are currently viewing Pengen Jadi Hotelier? Simak Hard Skill dan Soft Skill yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Hotel.!

Pengen Jadi Hotelier? Simak Hard Skill dan Soft Skill yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Hotel.!

Madiun – Bekerja di industri perhotelan membutuhkan kombinasi dari hard skill dan soft skill yang kuat. Berikut adalah beberapa ‘hard skill’ dan ‘soft skill’ yang dibutuhkan untuk bekerja di hotel:

### Hard Skill

Kemampuan Komunikasi yang Baik
Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi dengan tamu hotel, rekan kerja, dan manajemen. Seorang karyawan hotel harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang. Kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing juga menjadi nilai plus bagi seseorang yang ingin terjun di dunia perhotelan

Kemampuan Teknis
Karyawan hotel harus memiliki kemampuan teknis yang kuat, seperti kemampuan untuk menggunakan sistem manajemen hotel, perangkat lunak reservasi, dan sistem pembayaran. Mereka juga harus mampu mengoperasikan peralatan teknis seperti mesin cuci, mesin pembersih, mesin pembuat kopi, dsb.

Kemampuan Organisasi
Karyawan hotel harus mampu mengatur jadwal kerja mereka sendiri dan mengelola waktu mereka dengan baik. Mereka juga harus mampu mengatur dan mengelola inventaris hotel, termasuk menyimpan dan mengambil stok barang.

Kemampuan Keuangan
Karyawan hotel harus mampu mengelola uang tunai dan kartu kredit dengan benar dan akurat. Jika mereka mengambil departemen FB Service, mereka harus mampu menghitung dan memberikan kembali uang dengan cepat dan akurat.

### Soft Skill

Kemampuan Pelayanan Pelanggan
Seorang karyawan hotel harus mampu memberikan pelayanan pelanggan yang baik dan ramah. Mereka harus mampu menangani keluhan dan masalah tamu dengan tenang dan efektif. Keluhan yang dapat ditanggani dengan efektif mampu membuat pelanggan untuk kembali ke hotel.

Kemampuan Kerja Tim
Karyawan hotel harus mampu bekerja sama dengan rekan kerja mereka untuk mencapai tujuan bersama. Mereka harus mampu berkontribusi dalam tim dan membangun hubungan kerja yang baik. Kerja sama tim yang baik membuat pemecahan masalah lebih mudah didapatkan

Kemampuan Beradaptasi
Karyawan hotel harus mampu beradaptasi dengan cepat dengan perubahan situasi dan tuntutan pekerjaan. Mereka harus mampu berpikir cepat dan menyesuaikan diri dengan situasi yang berubah. Selain daripada itu, perpindahan tempat bekerja dari satu hotel ke hotel yang lain juga cukup sering terjadi. Kemampuan adaptasi yang baik bisa membantu karyawan hotel lebih nyaman ditempat barunya.

Kemampuan Multitasking
Karyawan hotel harus mampu melakukan beberapa tugas sekaligus dan tetap fokus pada tugas utama mereka. Mereka harus mampu mengelola waktu mereka dengan baik dan memprioritaskan tugas-tugas yang paling penting.

Itulah beberapa ‘hard skill’ dan ‘soft skill’ yang dibutuhkan untuk bekerja di hotel. Kombinasi dari kedua jenis keterampilan ini akan membantu seorang karyawan hotel untuk sukses dalam pekerjaan mereka. Tahukah kamu kurikulum NCL Madiun dirancang supaya setiap siswanya ditempa untuk mengembangkan hard dan soft skillnya. Hal ini dimaksudkan supaya lulusan NCL Madiun bisa terserap di dunia kerja dan industri perhotelan dengan baik. Dengan gabung di NCL Madiun, kalian akan mendapatkan paket komplit untuk siap bertarung di dunia perhotelan. Daftar sekarang..!!!

Leave a Reply