NCL Madiun, Juli 2022 – Memulai pekerjaan baru adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau itu adalah pekerjaan impianmu, pasti kamu tidak sabar ingin segera masuk kerja. Tapi seperti yang kita ketahui, salah satu tantangan setiap karyawan baru yang harus dilakukan adalah beradaptasi dengan tempat kerja baru. Selain itu, dengan beradaptasi di tempat kerja baru, akan semakin memudahkan kamu untuk bergaul dengan rekan kerja lainnya. Peran orang-orang di sekelilingmu saat bekerja sangatlah penting dan bahkan berpengaruh pada kinerjamu.
Bagi sebagian orang beradaptasi di tempat kerja baru menjadi sebuah tantangan tersendiri yang cukup berat. Terlebih bagi orang-orang yang tidak mudah bergaul. Dan Berikut ini cara mudah beradaptasi di lingkungan kerja baru yang bisa kamu terapkan agar nyaman bekerja ditempat barumu itu.
Baca Juga: Prospek Karir Departeman Food Product
1. Kenali Tempat Kerja
Sebelum mulai masuk kerja hari pertama, cari tahu sebanyak mungkin tentang tempat kerja barumu. Cari informasi di internet dengan membuka websitenya atau kenalan dengan orang yang masih atau pernah bekerja di sana. Semakin kamu banyak tahu, akan membuat kamu semakin percaya diri dan mengerti bagaimana cara membawa diri di tempat barumu, sehingga kamu akan nyaman dan betah berada disitu.
2. Cermati Budaya Kerja
Setiap lingkungan kerja tentu akan memiliki budaya kerja tersendiri, begitu juga dengan lingkungan kerjamu yang baru. Kamu mungkin saja akan menemukan banyak perbedaan dengan lingkungan kerjamu yang lama (jika kamu sudah pernah bekerja sebelumnya). Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk beradaptasi adalah mencermati budaya kerja di tempat yang baru ini, seperti cara berkomunikasi, berpakaian, dan yang lainnya. Cobalah untuk mulai menyesuaikan diri dengan semua hal ini secara perlahan.
3. Ramah dan Sopan ke Semua Orang
Bersikap ramah dan sopan kepada semua orang yang ada di sekitarmu, sehingga keberadaan kamu akan mudah diterima di lingkungan kerja yang baru. Tidak perlu takut atau terlalu rendah diri di depan pekerja lainnya yang telah senior, sebab ini justru akan membuat kamu merasa tidak nyaman di sana.
4. Cari Mentor
Tidak semua perusahaan memberikan mentor bagi karyawan baru. Jika ada, maka kamu sangat beruntung. Namun jika tidak, temukan mentormu sendiri dengan belajar kepada seseorang yang sudah lebih lama bekerja di bidang yang sama dan punya segudang pengalaman.
5. Selalu Bertanya
Sangat wajar jika kamu tidak tahu banyak tentang perusahaan barumu itu. Oleh karena itu, saat kamu tidak mengerti atau memahami sesuatu, jangan mencoba untuk mencari solusinya sendiri. Itu artinya kamu mengisolasi diri dari lingkungan kerja. Tetapi bertanyalah pada rekan kerja yang lebih senior dan ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal mereka lebih dalam.
Baca Juga: Strategi Bekerja Dengan Atasan Orang Asing
6. Bersosialisasi Dengan Rekan Kerja
Sebagai orang yang baru, cobalah untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerja barumu, dimulai dari rekan kerja yang berada disekitarmu. Ingat bahwa tidak ada seorangpun yang mengenal kamu di tempat kerja baru ini, jadi kamu harus memperkenalkan diri kepada mereka dan membiarkan mereka mengenal kamu secara pribadi.
7. Jangan Lupa Tersenyum
Banyaklah tersenyum di tempat kerja batumu agar rekan kerjamu yang baru senang melihatmu. Dengan tersenyum akan membuat kamu lebih baik dan akan meningkatkan suasana di sekelilingmu.
Itulah beberapa cara beradaptasi di tempat kerja baru yang mungkin bisa kamu diterapkan. Proses adaptasi membutuhkan waktu dan berbeda di setiap orangnya. Minggu-minggu pertama bekerja di tempat baru adalah saat-saat tersulit bagi siapa saja, hindari perasaan tertekan di awal-awal bekerja. karena setidaknya kamu akan membutuhkan waktu 3 sampai 6 bulan sampai kamu benar-benar “nyambung” dengan perusahaan barumu. Teruslah memperbaiki diri dan temukan cara-cara baru untuk membuat diri kamu merasa lebih nyaman di tempat kerja.
Selamat bergabung di tempat kerja barumu….